Cara Tethering iPad ke iPhone

Saturday, May 26th, 2018 - Info

Cara Tether iPad ke iPhone

Setiap iPhone dapat terhubung ke Internet dimana saja asalkan koneksi data seluler 3G atau 4G diaktifkan, namun kebanyakan iPad membutuhkan WiFi untuk online. Beberapa iPad memiliki konektivitas 3G dan 4G, namun harganya lebih mahal dan bukan perangkat yang paling umum. Alhasil, pengguna iPhone biasanya bisa online di tempat pengguna iPad terjebak offline.

Ada solusi untuk masalah ini bagi pemilik iPad. Jika ada iPhone di dekatnya, iPad WiFi-only bisa saja online menggunakan teknologi yang disebut tethering. Tethering, yang Apple beri nama Personal Hotspot di iPhone, adalah fitur smartphone yang memungkinkan mereka berfungsi seperti hotspot WiFi dan berbagi koneksi jaringan seluler mereka dengan perangkat terdekat lainnya menggunakan WiFi.

Dengan hanya beberapa ketukan di setiap perangkat, iPad kami bisa online dimanapun iPhone kami bisa.

Persyaratan Untuk Tethering iPhone dan iPad

  1. IPhone 3GS atau lebih tinggi, dengan fungsi Wi-Fi dan Bluetooth
  2. Sebuah paket data internet untuk iPhone
  3. Model iPad apapun, dengan fungsi Wi-Fi

Cara Tethering iPad ke iPhone

Untuk berbagi koneksi data seluler iPhone kami dengan iPad di dekatnya supaya bisa online, pastikan kami memenuhi ketiga persyaratan di atas, kemudian ikuti langkah-langkah ini:

  1. Di iPhone, ketuk Settings
  2. Ketuk Personal Hotspot
  3. Pindahkan slider Personal Hotspot ke on/hijau
  4. Jaga agar layar Personal Hotspot terbuka di iPhone. Kemudian masukan kata sandi WiFi yang tercantum di sana

Ikuti langkah-langkah di iPad yang ingin kami tethering ke iPhone:

  1. Hidupkan Wi-Fi, jika belum aktif. kami dapat melakukannya melalui Control Center atau aplikasi Settings
  2. Ketuk Settings
  3. Ketuk Wi-Fi
  4. Carilah jaringan yang dibuat oleh iPhone. Ini akan menjadi nama iPhone (misalnya, Personal Hotspot saya disebut Andi iPhone). Tekan itu
  5. Masukkan kata sandi jaringan WiFi dari layar Personal Hotspot iPhone.

Saat iPad terhubung ke iPhone, sebuah bar biru muncul di bagian atas layar iPhone. Ini menunjukkan bahwa perangkat terhubung ke Hotspot Pribadi. IPad dapat mengakses Internet melalui iPhone selama Personal Hotspot dinyalakan dan iPad berada dalam jangkauan WiFi iPhone.

kami bisa menggunakan iPhone seperti biasa bahkan saat iPad ditambatkan. Personal Hotspot tidak mengganggu hal itu. Satu-satunya perbedaan yang mungkin kami perhatikan adalah bahwa koneksi internet iPhone mungkin sedikit lebih lambat dari biasanya karena dibagikan dengan iPad.

Penggunaan Data Saat Tethering

Data apa pun yang digunakan oleh perangkat tethered akan di hitungan ke iPhone terhadap paket data internet bulanan iPhone. Jadi pastikan kami mengecek kuota data internet kami sebelum melakukan tethering, supaya kami tidak kehabisan kuota data bulanan kami.

Menghubungkan Beberapa Perangkat

Beberapa perangkat dapat dihubungkan ke satu iPhone Personal Hotspot.

Ini bisa berupa iPad, iPod Touch, komputer, atau perangkat lainnya yang dilengkapi Wi-Fi. Cukup ikuti langkah-langkah itu untuk menghubungkan perangkat ke Wi-Fi, masukkan kata sandi Personal Hotspot iPhone, dan kami akan segera online dalam waktu singkat.

Melepaskan Perangkat Tethered

Setelah selesai, matikan Personal Hotspot di iPhone kami dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk Settings
  2. Ketuk Personal Hotspot
  3. Gerakkan slider ke off/putih.

Mematikan Personal Hotspot saat tidak digunakan akan menghemat masa pakai baterai.

Meski tidak dibutuhkan, pengguna iPad juga harus mematikan WiFi mereka untuk menghemat baterai. Buka Control Center dan ketuk ikon WiFi (kedua dari kiri di bilah atas) agar tidak disorot.