Bisakah FaceTime di Android? (Plus 10 Opsi Lain)

Sunday, March 11th, 2018 - Info

facetime untuk android

FaceTime bukanlah aplikasi obrolan video pertama tapi salah satu yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Dengan popularitas FaceTime, pengguna Android banyak yang bertanya-tanya apakah FaceTime tersedia untuk Android? Maaf, penggemar Android, tapi jawabannya tidak: Anda tidak dapat menggunakan FaceTime di Android.

Apple tidak membuat FaceTime untuk Android. Ini berarti bahwa tidak ada aplikasi FaceTime yang kompatibel dengan Android.

Jadi, sayangnya, sama sekali tidak ada cara untuk menggunakan FaceTime bersama-sama antara iOS dan Android. Hal yang sama juga berlaku untuk FaceTime di Windows.

Tapi ada kabar baik: FaceTime hanyalah salah satu aplikasi video call. Ada banyak aplikasi yang kompatibel dengan Android dan melakukan hal yang sama seperti FaceTime.

10 Alternatif FaceTime untuk Video Call di Android

Hanya karena tidak ada FaceTime untuk Android tidak berarti pengguna Android tidak dapat menikmati video call. Berikut adalah beberapa aplikasi obrolan video terpopuler yang tersedia di Google Play:

Facebook Messenger
Harga: Gratis
Platform: Android, iOS, web
Unduh di Google Play

Messenger adalah versi aplikasi mandiri dari fitur pesan berbasis web Facebook. Gunakan obrolan video dengan teman Facebook Anda. Ini juga menawarkan panggilan audio (gratis jika Anda melakukannya melalui Wi-Fi), obrolan teks, pesan multimedia, dan obrolan grup.

Google Duo
Harga: Gratis
Platform: Android, iOS
Unduh di Google Play

Google menawarkan dua aplikasi video call di daftar ini.

Hangouts, yang berikutnya, adalah pilihan yang lebih kompleks, yang mendukung panggilan grup, panggilan suara, SMS, dan lainnya. Jika Anda mencari aplikasi sederhana yang ditujukan hanya untuk video call, itu Google Duo. Ini mendukung video call one-on-one melalui Wi-Fi dan seluler.

Google Hangouts
Harga: Gratis
Platform: Android, iOS, web
Unduh di Google Play

Hangouts mendukung video call untuk perorangan dan grup hingga 10. Ini juga menambahkan audio call, SMS, dan integrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Voice. Gunakan untuk membuat voice call ke nomor telepon manapun di dunia; panggilan ke pengguna Hangouts lainnya gratis.

imo
Harga: Gratis
Platform: Android, iOS
Unduh di Google Play

imo menawarkan seperangkat fitur standar untuk aplikasi video call. Ini mendukung video call dan audio call gratis melalui 3G, 4G, dan Wi-Fi, obrolan teks antara inpidu dan grup, dan memungkinkan Anda berbagi foto dan video. Salah satu fitur bagus dari imo adalah obrolan dan panggilan terenkripsi lebih bersifat pribadi dan aman.

Line
Harga: Aplikasi gratis, panggilan internasional keluar dibayar
Platform: Android, Asha, BlackBerry, OS Chome, OS Firefox, iOS, Mac, Windows, Windows Phone
Unduh di Google Play

Line menawarkan fitur video call dan audio call, obrolan teks, dan grup teks. Ini berbeda dengan aplikasi lain karena fitur jejaring sosialnya (Anda dapat memposting status, mengomentari status teman, mengikuti selebriti dan merek, dll.), Platform pembayaran mobile, dan panggilan internasional berbayar (cek tarif), bukan gratis.

ooVoo
Biaya: Aplikasi gratis, upgrade premium, panggilan internasional dan telepon rumah berbayar
Platform: Android, iOS, Mac, Windows, Windows Phone, web
Unduh di Google Play

Mirip dengan aplikasi lain dalam daftar ini, ooVoo menawarkan panggilan gratis, panggilan video, dan obrolan teks. Ini menambahkan beberapa perbedaan bagus termasuk dukungan untuk video call hingga 12 orang, pengurangan echo untuk meningkatkan kualitas audio, kemampuan pengguna untuk menonton video YouTube bersama saat mereka mengobrol, dan pilihan untuk merekam video call di PC. Upgrade premium menghapus iklan. Panggilan internasional berbayar.

Skype
Harga: Aplikasi gratis, panggilan ke telepon rumah dan ponsel, dan panggilan internasional, berbayar
Platform: Android, BlackBerry, iOS, Linux, Mac, Windows, Windows Phone
Unduh di Google Play

Skype adalah salah satu aplikasi video call tertua, paling terkenal, dan paling banyak digunakan.

Ini menawarkan audio dan video call, obrolan teks, layar dan file sharing, dan banyak lagi. Ini juga mendukung perangkat yang lebih luas, termasuk beberapa smart TV dan game console. Aplikasi ini gratis, namun panggilan ke sambungan telepon rumah dan telepon genggam, serta panggilan internasional, dibayar saat Anda pergi atau dengan berlangganan (tarif cek).

Tango Messenger
Biaya: Aplikasi gratis, dengan pembelian dalam aplikasi
Platform: Android, iOS
Unduh di Google Play

Anda tidak akan membayar untuk panggilan apa pun — sambungan telepon internasional, jika tidak, bila Anda menggunakan Tango, meskipun menawarkan pembelian e-card dan paket kejutan dari stiker, filter, dan permainan dalam aplikasi. Ini juga mendukung panggilan audio dan video, obrolan teks, dan media sharing. Tango memiliki beberapa fitur sosial termasuk ruang obrolan umum dan kemampuan untuk “mengikuti” pengguna lain.

Viber
Biaya: Aplikasi gratis, pembelian dalam aplikasi, panggilan darat dan seluler dibayar
Platform: Android, iOS, Mac, Windows
Unduh di Google Play

Viber menawarkan video dan audio call gratis, obrolan teks dengan inpidu dan kelompok hingga 200 orang, berbagi foto dan video, dan bahkan bermain game didalam aplikasi.

WhatsApp
Harga: Aplikasi gratis, gratis tahun pertama,US $0,99/tahun setelah itu
Platform: Android, BlackBerry, iOS, Nokia, Windows Phone, web
Unduh di Google Play

WhatsApp dikenal luas saat Facebook membelinya seharga $ 19 miliar dollar Amerika pada tahun 2014. Sejak saat itu berkembang menjadi lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.

WhatApp menawarkan serangkaian fitur yang kuat, termasuk audio dan video call-to-app gratis di seluruh dunia, kemampuan untuk mengirim pesan audio dan pesan teks yang direkam, obrolan kelompok, dan berbagi foto dan video. Tahun pertama penggunaan aplikasi gratis dan tahun-tahun berikutnya hanya $ 0,99 Dollar Amerika.

Mengapa Anda Tidak Bisa Mendapatkan FaceTime untuk Android?

Meskipun pengguna Android mungkin tidak boleh menggunakan FaceTime, ada banyak pilihan panggilan video lainnya. Anda hanya perlu memastikan bahwa kedua orang tersebut memiliki aplikasi video call yang sama di ponsel mereka. Android mungkin open source (meski itu mungkin tidak sepenuhnya akurat) dan memungkinkan banyak penyesuaian oleh pengguna namun untuk menambahkan fitur dan penyesuaian, kerjasama dari pihak ketiga sering dibutuhkan.

Secara teori, FaceTime kompatibel dengan Android, karena menggunakan teknologi audio, video, dan jaringan standar. Tapi untuk membuatnya berhasil, Apple perlu merilis versi resmi untuk Android atau pengembang perlu membuat aplikasi yang kompatibel. Kedua hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Pengembang mungkin tidak akan dapat membuat aplikasi yang kompatibel karena FaceTime memakai enkripsi end to end dan membuat aplikasi yang kompatibel akan memerlukan enkripsi atau Apple membukanya.

Ada kemungkinan Apple bisa membawa FaceTime ke Android – Apple awalnya mengatakan bahwa mereka berencana membuat FaceTime sebagai standar terbuka namun sudah bertahun-tahun dan tidak ada yang terjadi – jadi sangat tidak mungkin. Apple dan Google terkunci dalam pertempuran untuk menguasai pasar smartphone.

Menjaga FaceTime eksklusif untuk iPhone bisa memberikan keunggulan dan mungkin memacu orang untuk mengadopsi produk Apple.